Analisis hubungan kebersihan diri dan sanitasi lingkungan dengan keluhan penyakit kulit pasien

Authors

  • Suriani Suriani Universitas Prima Indonesia
  • Chrismis Novalinda Ginting Universitas Prima Indonesia
  • Ali Napiah Nasution Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62290/hjph.v1i3.35

Keywords:

kebersihan diri, sanitasi lingkungan, penyakit kulit

Abstract

Latar Belakang: Kondisi penyakit kulit merupakan masalah kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Penyakit ini tidak dianggap penting hingga saat ini sehingga banyak orang percaya bahwa penyakit kulit tidak berbahaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kebersihan diri dan sanitasi lingkungan dengan keluhan penyakit kulit.

Metode: Desain penelitian yang digunakan berupa crossectional. Penelitian ini dilakukan di UPT Puskesmas Pekan Tolan Kecamatan Kota Rakyat Kabupaten Labuhan Selatan Tahun 2024. Waktu penelitian dimulai dari bulan Januari–April 2024. Subyek penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat di Puskesmas UPT Puskesmas Pekan Tolan Kecamatan Kota Rakyat Kabupaten Labuhan Selatan Tahun 2023 sebanyak 981 orang. Besar sampel penelitian sebanyak 100 orang dengan teknik simple random sampling. Data dianalisis dengan uji uji Chi Square.

Hasil: Hasil penelitian melaporkan bahwa sebanyak 70% responden memiliki personal hygiene yang buruk, 68% responden dengan sanitasi lingkungan yang tidak memenuhi syarat. Kebersihan diri dan sanitasi lingkungan signifikan terhadap keluhan penyakit kulit.

Kesimpulan: Kebersihan diri yang buruk dan sanitasi lingkungan yang tidak memenuhi syarat signifikan terhadap keluhan penyakit kulit.

Published

2024-08-01

Issue

Section

Original Article