Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan

Authors

  • Achmad Rifai Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Rizki Kurniaty Hasibuan Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Sri Melda Br. Bangun Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Fadlilah Widyaningsih Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Nisa Dian Rahma Universitas Sumatera Utara
  • Angga Tinova Yudha Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.62290/hjph.v1i3.34

Keywords:

Kualitas pelayanan, jaminan, kepuasan pasien

Abstract

Latar Belakang: Kurangnya kualitas pelayanan di Puskesmas dapat berkontribusi terhadap kepuasan pasien yang melakukan pengobatan rawat jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan.

Metode: Desain penelitian yang digunakan berupa cross-sectional. Lokasi penelitian dilakukan di Puskesmas Sei Kepayang Barat pada Maret 2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung di Puskesmas Sei Kapayang Barat selama bulan Desember 2022 – Maret 2023 sebanyak 1248 orang. Besar sampel penelitian sebanyak 93 orang pasien dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara kepada pasien. Analisis data penelitian menggunakan uji Chi Square dan regresi logistik biner.

Hasil: Kualitas pelayanan meliputi penampilan, kehandalan, daya tanggap, pehatian dan jaminan signifikan terhadap kepuasan pasien (p = <0,001). variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pasien adalah variabel jaminan (p = <0,001; PR= 4,1; 95% IK 1,801–12,854).

Kesimpulan: Kualitas pelayanan meliputi penampilan, kehandalan, daya tanggap, pehatian dan jaminan yang tidak baik signifikan terhadap kepuasan pasien (p = <0,001).

Published

2024-07-31

Issue

Section

Original Article