Penurunan skala nyeri pada pasien artritis rheumatoid melalui aroma terapi daun jeruk di Rumah Sakit Royal Prima

Authors

  • Wiwik Andayani Hasibuan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Prima Indonesia
  • Mudianti Mayangsari Saragih Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Prima Indonesia
  • Kristina L Silalahi Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62290/hjph.v1i2.20

Keywords:

Skala nyeri, artritis reumatoid, terapi daun jeruk

Abstract

Latar belakang: Penyakit artritis reumatoid merupakan salah satu penyakit masalah kesehatan yang sering dialami oleh orang dewasa saat ini. Penyakit artritis reumatoid ditandai dengan adanya peradangan pada tendon yang mengakibatkan kerusakan tulang rawan dan erosi tulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan skala nyeri pada pasien artritis rheumatoid melalui aroma terapi.

Metode: Desain penelitian yang digunakan berupa quasy experiment dengan rancangan non randomized pretest-posttest without control group design. Lokasi penelitian dilakukan di Rumah Sakit Royal Prima mulai Mei - September 2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh pasien yang menderita rheumatoid arthritis yang menjalani perawatan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Royal Prima sebanyak 225 orang pada bulan Mei 2023. Besar sampel diperoleh sebanyak 30 orang dengan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian menggunakan uji uji t-berpasangan.

Hasil: Rerata skala nyeri pasien pada tahap pretest sebesar 3,33 dengan nilai standar deviasi sebesar 0,802. Tahap postest, rerata skala nyeri pasien sebesar 2,17 dengan nilai standar deviasi sebesar 0,379. Terdapat perbedaan skala nyeri pasien artritis reumatoid sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa aroma terapi daun jeruk (p = <0,001;95%CI 0,826-1,508).

Kesimpulan: Pemberian aroma terapi daun jeruk efektif terhadap penurunan skala nyeri artritis reumatoid.

Published

2024-03-31

Issue

Section

Original Article