Analisis kualitas air minum eksternal di Perumda Tirtanadi Medan

Authors

  • Siska Lidya Hutasoit Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Taruli Rohana Sinaga Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62290/hjph.v1i1.12

Keywords:

Kualitas air minum, E. coli, Total coliform

Abstract

Latar belakang: Kualitas air minum masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di dunia hingga saat ini, Sumber air minum yang tidak memenuhi syarat dapat meningkatkan terjadinya penyakit diare, tifus dan kolera. Tujuan penelitian untuk menganalisis kualitas air minum eksternal di Perumda Tirtanadi Medan Tahun 2023.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode deskriptif dengan studi cross sectional. Subjek penelitian adalah air minum yang diperoleh di Perumda Tirtanadi Medan. Total sampel air dengan pemeriksaan kualitas air yang digunakan sebanyak 221 sampel air. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahapan yaitu pengamatan dan pengambilan sampel di lapangan, dan analisa kualitas air di Laboratorium Kualitas Air. Analisis data dilakukan dengan analisis secara deskriptif menggunakan aplikasi STATCAL.

Hasil: Indikator kualitas air minum seperti kekeruhan, warna, bau dan rasa air minum, TDS, pH, E. Coli, dan total coliform perumda tirtanadi medan masih terdapat beberapa sampel air yang tidak memenuhi syarat. Namun, indikator kualitas air minum seperti nitrat dan nitrit air minum telah memenuhi syarat.

Kesimpulan: Indikator kualitas air minum Perumda Tirtanadi belum sepenuhnya memenuhi syarat kualitas air minum.

Published

2023-11-26

Issue

Section

Original Article