Peningkatan pengetahuan orang tua tentang konsumsi buah dan sayur pada anak pra sekolah melalui ceramah

Authors

  • Hartono Hartono Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan, Universitas Prima Indonesia
  • Santy Deasy Siregar Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan, Universitas Prima Indonesia
  • Putri Rahma Titania Maulana Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan, Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62290/hjph.v1i1.14

Keywords:

Pengetahuan, Konsumsi buah dan sayur, Metode ceramah

Abstract

Latar belakang: Konsumsi buah dan sayur pada kelompok anak-anak pra sekolah masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Rendahnya konsumsi sayur dan buah pada anak dapat berpengaruh pada kegagalan tumbuh kembang anak dan risiko berbagai risiko penyakit di usia dewasa. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan pengetahuan orang tua tentang konsumsi buah dan sayur pada anak pra sekolah melalui ceramah.

Metode: Kuasi-eksperimental dengan kelompok kontrol pretest-posttest tidak acak melibatkan 98 partisipan dari 4.356 orang tua yang memiliki balita berusia antara 24 dan 59 bulan. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner sebelum dan sesudah ceramah tentang konsumsi buah dan sayur pada anak. Uji T berpasangan digunakan dalam analisis data.

Hasil: Perubahan skor rerata pengetahuan orang tua sebelum dan sesudah mendapatkan penyuluhan melalui media ceramah sebesar -6,449. Terdapat perbedaan skor rerata pengetahuan orang tua sebelum dan sesudah diberikan intervensi melalui media ceramah (p= <0,001).

Kesimpulan: Pemberian intervensi melalui ceramah dapat meningkatkan pengetahuan orang tua tentang konsumsi buah dan sayur.

Kata kunci: Pengetahuan, Konsumsi sayur dan buah, Metode ceramah

Published

2023-11-26

Issue

Section

Original Article